Tuesday, August 23, 2011

Mengetahui Kehendak Allah

Apakah kalian tahu kehendak Allah buat kalian dan bagaimana caranya mengetahui itu kehendak Allah apa bukan? Pernahkah kita bertanya kepada Tuhan bahwa apakah ini jalan yg harus aku ambil apa bukan?  Seringkali kita memilih utk mengikuti kehendak diri kita sendiri (padahal kan Tuhan yg tau apa yg kita butuh). Kita hanya ingin jawaban dari Tuhan tanpa mau menunggu.

Sebenarnya apa kehendak Allah? Kehendak Allah bagi umatNya adalah segala sesuatu yg Allah inginkan terjadi dalam hidup umatNya. Kehendak Allah yg utama adalah supaya kita mengenal Dia dan menjadi serupa dengan Kristus. Kita harus mengenal Allah terlebih dahulu utk mengetahui kehendakNya. 

Kenapa kita perlu tau dan mentaati kehendak Allah?


  1. Allah sendiri yg menghendaki dan berjanji memimpin setiap langkah yg akan kita ambil (Mzm 32:8)
  2. belajar mengetahui dan menaati kehendak Allah merupakan respons umat yg sudah ditebus, Hidup kita sudah ditebus oleh darah Yesus, jd skrg kita adalah milikNya dan kita sepatutnya menjalani hidup kita sesuai kehendakNya.
  3. jika kita tau dan mau mentaati kehendakNya itu merupakan pilihan terbaik utk hidup kita. Ketika kita tdk memilih utk tdk mengikuti kehendakNya, berarti kita tdk secara langsung menganggap bahwa pilihan kita lebih baik drpd Dia.

Susah deh utk tau bahwa ini kehendak Tuhan apa bukan. Apakah Tuhan mau jadikan aku seorang akutansi, auditor, pemain piano, penulis, dll? Itu sangat membingungkan. Makanya kita butuh kepekaan utk mengetahui kehendak Allah yg spesifik bagi hidup kita. “Siapakah org yg takut akan Tuhan? Kepadanya TUHAN menunjukan jalan yg harus dipilihnya.” (Mzm 25:12)

Bimbingan Allah terutama kita dapatkan melalui penyelidikan Alkitab dan doa. Melalui Alkitab, kita bisa memperoleh prinsip2 utama yg akan membantu kita mengambil keputusan. Doa memberikan kesempatan kepada kita utk bercakap2 dgn Allah. Kedua, bimbingan org Kristen lain jg dapat menjadi cara Allah utk menolong kita. Mungkin mereka lebih berpengalaman drpd kita.

1 comment:


I made this widget at MyFlashFetish.com.